MODUL 04
MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
I. PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI
Merupakan modul ke empat yang membahas tentang pengoperasian perangkat lunak pengolah kata,mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata, Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen, Melakukan editing sederhana, isian berulang,membuat tabel dan mencetak dokumen
B. PRASYARAT
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah : Mengoperasikan PC Stand Alone dan Pengetahuan dasar Software Aplikasi.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Untuk peserta didik.
a. Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet.
b. Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi :
· unit komputer yang siap digunakan;
· sistem operasi yang legal dan siap digunakan;
· buku manual sistem operasi;
· SOP dalam menghidupkan dan mematikan komputer.
c. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta didik dapat melanjutkan ke modul selanjutnya.
d. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.
D. TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
1. Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata;
2. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata;
3. Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing pengolah kata;
4. Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat tabel.
5. Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak pada Perangkat Lunak pengolah kata tanpa kesalahan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
2. Membuat, membuka dan menyimpan file document
3. Pengolahan dan pengaturan serta isian berulang pada file document
4. Pengetikan naskah sederhana
5. Editing Naskah
6. Membuat Tabel
7. Membuat surat massal
8. Pencetakan file document
F. SOAL TES KEMAMPUAN AWAL
Soal Teori
Apa yang dimaksud software aplikasi pengolah kata?
Sebeutkan 3 macam software pengolah kata
Sebutkan 5 menu perintah yang terdapat pada File menu pada Ms Word
Jelaskan 7 tombol command yang ada pada toolbar Standart!
Jelaskan 5 tombol command yang ada pada toolbar Formating!
Jelaskan 5 tombol command yang ada pada toolbar Drawing!
Jelaskan langkah membuat file baru sampai dengan menyimpannya!
Jelaskan langkah - langkah membuka, tambahkan satu kata pada dokumen tersebut, kemudian menutupnya file document dengan menyimpan perubahannya!
Bagaimana langkah mengedit dokumen yang masih ada kesalahan ketik?
Jelaskan langkah memberikan hider, footer dan halaman pada file document!
Jelaskan cara menulis huruf besar, huruf tebal, huruf miring dan bergaris bawah!
Jelaskan cara menulis H2SO4 dan x3 + y2!
Jelaskan cara merubah huruf kecil ke besar atau sebaliknya tanpa menghapusan.
Jelaskan apa yang dimaksut dengan Drop Cap, bagai mana membuatnya
Jelaskan cara membuat huruf indah atau seni!
Jelaskan langkah untuk melakukan insert simbol!
Jelaskan cara melakukan penulisan huruf Arab!
Jelaskan proses melakukan insert gambar!
Jelaskan proses pembuatan tabel!
Jelaskan langkah memasukkan formula pada tabel!
Jelaskan langkah - langkah membuat mail merge dengan MS Word!
Jelaskan langkah melakukan print preview!
Jelaskan langkah pencetakan file document dengan menampilkan kotak dialog print!
Jelaskan langkah pencetakan file document tanpa menampilkan kotak dialog print!
Untuk mencetak data pada halaman yang sedang aktif, langkah - langkahnya adalah ....
II. KEGIATAN BELAJAR 1
A. TUJUAN PEMELAJARAN
Siswa mampu menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata;
B. DEFINISI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copy con untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
C. Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Karena Perangkat Lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah pengoperasian Perangkat Lunak tersebut. Dengan asumsi bahwa sebagian besar aplikasi yang sama juga memiliki fasilitas serta fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.
Dalam lingkungan MS Windows kita bisa mengakses sebuah aplikasi yang sudah diinstal terlebih dahulu melalui lebih dari satu cara, antara lain:
1. Melalui Start
Langkah – langkahnya ada beberapa Cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut :
Cara 1 | Klik Start à Programs àMicrsoft Office à Microsoft Word. |
Atau langsung dari klik start à Programs à Microsoft Word. | |
Cara 2 | Klik Start à All Programs àMicrsoft Office à Microsoft Word. |
Atau langsung dari klik Start àAll Programs à Microsoft Word |
Gambar 1. Akses MS Word dari Start > Programs
2. Dari shortcut yang sebelumnya kita buat terlebih dahulu.
Langkah – langkahnya adalah dengan klik ganda shortcut yang akan dibuka
Gambar 2. Akses MS Word shortcut pada desktop
3. Dari Start > Run lalu kita pilih Browse.
Langkah – langkahnya adalah tinggal kita cari letak dari file yang akan kita buka. Misalnya di Program Files\Microsoft Office\Winword.exe. Setelah terpilih klik Ok.
Gambar 3. Akses MS Word dari Start > Run > Browse |
4. Cara lain adalah melalui Windows Explorer, lalu kita cari file WINWORD.EXE pada lokasi seperti pada langkah no. 3, kemudian jalankan file tersebur dari Windows Explorer, yaitu dengan klik 2 kali atau klik kanan à open atau klik à Enter
| Gambar 4. Akses MS Word dari Windows Explorer |
5. Melalui fasilitas pencarian yang dimiliki oleh Windows.
Langkah langkahnya adalah klik start > Search > All files and folders. Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang ingin kita cari, misalnya winword. Setelah ditemukan tinggak klik maka file tersebut akan dieksekusi.
|
Setelah tereksekusi maka aplikasi MS Word akan dijalankan dan menampilkan lingkungan kerja sebagai berikut:
Gambar 6. Lingkungan kerja MS Word 2000
Sedangkan tampilan pada lingkungan kerja Open Office.org Writer adalah sebagai berikut:
Gambar 7. Lingkungan kerja OpenOffice.org Writer di platform Linux
D. SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 1
Tes Toeri
1. Apa yang dimaksud software aplikasi pengolah kata?
2. Sebeutkan 3 macam software pengolah kata
3. Jelaskan cara untuk mengakses MS Word melalui start à Programs !
4. Jelaskan cara untuk mengakses MS Word melalui Fasilitas Run !
5. Jelaskan cara untuk mengakses MS Word melalui icon pada Desktop!
6. Jelaskan cara untuk mengakses MS Word melalui Search!
7. Jelaskan cara mengakses MS Word melalui Windows Explorer!
8. Jelaskan cara mengakses Open Office melalui Windows Explorer!
9. Jelaskan cara mengakses Open Office melalui fasilitas Run!
10. Jelaskan cara mengakses Open Office melalui Start à Programs!
Tes Praktek
1. Lakukan langkah untuk mengakses MS Word melalui start à Programs !
2. Lakukan langkah untuk mengakses MS Word melalui Fasilitas Run !
3. Lakukan langkah untuk mengakses MS Word melalui icon pada Desktop!
4. Lakukan langkah untuk mengakses MS Word melalui Search!
5. Lakukan langkah mengakses MS Word melalui Windows Explorer!
6. Lakukan langkah mengakses Open Office melalui Windows Explorer!
7. Lakukan langkah mengakses Open Office melalui fasilitas Run!
8. Lakukan langkah mengakses Open Office melalui Start à Programs!
III. KEGIATAN BELAJAR 2
A. TUJUAN PEMELAJARAN
Siswa mampu mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dokumen menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
B.MENGENALI LINGKUNGAN KERJA
1. Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga memiliki gambar (image) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya.
Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan toolbar adalah sebuah baris memanjang yang bisa terdiri dari button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View > Toolbars
| 1. Menu bar 2. Menu Command 3. Tool bar 4. Button Command |
Gambar 8. Keterangan menu dan toolbar |
2. Keyboard Shortcut
Kunci shortcut berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.
Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci pada keyboard yang sering digunakan untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi MS Word.
Tabel 1. Daftar kunci shortcut yang sering digunakan dalam MS Word | |
Kombinasi Shortcut | Fungsi |
CTRL+N | Membuat sebuah dokumen baru |
CTRL+O | Membuka dokumen |
CTRL+W | Menutup dokumen |
ALT+CTRL+S | Memecah jendela dokumen |
ALT+SHIFT+C | Mengembalikan dokumen setelah dipecah |
CTRL+S | Menyimpan dokumen |
CTRL+B | Membuat cetak tebal |
CTRL+I | Membuat huruf miring |
CTRL+U | Membuat huruf bergaris bawah |
CTRL+SHIFT+< | Mengurangi ukuran huruf |
CTRL+SHIFT+> | Memperbesar huruf |
CTRL+C | Menyalin teks atau obyek terpilih |
CTRL+X | Memotong teks atau obyek terpilih |
CTRL+V | Menempelkan teks atau obyek |
CTRL+Z | Membatalkan aksi sebelumnya |
CTRL+Y | Menjalankan lagi aksi terakhir |
CTRL+F | Mencari teks dan item-item khusus |
CTRL+H | Mengganti teks, format spesifik, dan item khusus |
CTRL+G | Menuju ke page, bookmark, footnote, tabel, atau lokasi lain |
ALT+CTRL+HOME | Melakukan penelusuran melalui sebuah dokumen |
ALT+CTRL+P | Mengubah ke print layout view |
ALT+CTRL+O | Mengubah outline view |
ALT+CTRL+N | Mengubah normal view |
BACKSPACE | Menghapus ke kiri satu karakter |
CTRL+BACKSPACE | Menghapus ke kiri satu kata |
DELETE | Menghapus ke kanan satu karakter |
CTRL+DELETE | Menghapus ke kanan satu kata |
CTRL+SHIFT+F | Mengubah font |
CTRL+SHIFT+P | Mengubah ukuran font |
CTRL+] | Menambah ukuran font per 1 point |
CTRL+[ | Mengurangi ukuran font per 1 point |
CTRL+D | Mengubah format karakter (perintah Font, menu Format) |
SHIFT+F3 | Mengubah besar kecilnya huruf |
CTRL+SHIFT+A | Memformat huruf menjadi besar semua (capital) |
CTRL+SHIFT+W | Menggarisbawahi kata tanpa spasi |
CTRL+SHIFT+D | Memberi garis bawah ganda pada teks |
CTRL+SHIFT+H | Membuat teks yang tersembunyi |
CTRL+SHIFT+K | Memformat huruf menjadi huruf besar tetapi berukuran kecil |
CTRL+= | Membuat format subscript |
CTRL+SHIFT+= | Membuat format superscript |
CTRL+SPACEBAR | Menghilangkan format karakter manual |
CTRL+SHIFT+Q | Mengubah font menjadi simbol |
Untuk mencari informasi mengenai kombinasi lainnya tekan saja tombol F1 atau Help lalu masukkan kata kunci keyboard shortcut, maka akan ditampilkan seluruh perintah yang ada dalam MS Word.
C. OPERASI DASAR
1. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen yang baru juga memiliki lebih dari satu cara:
a. Klik File > New
Gambar 9. File > New
b. Dengan keyboard shortcut Ctrl + N
c. Dan klik pada icon
d. Kemudian akan muncul lembar kerja kosong seperti Gambar 3.6, baru mulai membuat atau mengetik naskah.
2. Menyimpan Dokumen
Setelah bekerja dengan dokumen yang baru kita perlu melakukan penyimpanan terhadap dokumen tersebut untuk mengantisipasi bila nanti kita perlu bekerja dengan dokumen itu kembali. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah:
a. Klik File > Save
Gambar 10. File > Save
b. Dengan keyboard shortcut Ctrl + S
c. Dan klik pada icon
Dalam menu File juga terdapat perintah Save As yang dimaksudkan untuk menyimpan file yang sudah ada sebelumnya dengan nama yang lain. Hal ini ditujukan bila kita ingin melakukan perubahan terhadap sebuah file namun file aslinya masih tetap kita pertahankan.
Ketika kita ingin menyimpan sebuah dokumen baru maka yang akan muncul setelah mengeksekusi perintah simpan adalah sebuah jendela Save As. Kita harus memasukkan sebuah nama untuk mengidentifikasi file tersebut setelah sebelumnya kita tentukan lokasi penyimpanannya.
Sedangkan untuk type file terdapat berbagai macam pilihan, untuk type asli file kita akan disimpan dengan ekstensi doc. Pilihan type yang lain tergantung dari kebutuhan kita terhadap file tersebut. Bisa berupa txt bila tanpa menggunakan tambahan obyek lainnya seperti gambar. Atau bila kita ingin membuat sebuah halaman web maka bisa dipilih type web page (html).
Gambar 11. Jendela Save atau Save As
3. Membuka Dokumen
Dalam pengoperasian Perangkat Lunak MS Word disamping kita mampu membuat dokumen baru juga dituntut untuk bisa membuka dan menutup dokumen yang sudah kita buat guna untuk perbaikan-perbaikan apabila terjadi kesalahan pada dokumen tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Klik File > Open
Gambar 12. File > Open
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + O
3. Dan klik pada icon
Ketiga cara di atas akan mengaktifkan jendela Open, kemudian kita tinggal mencari file mana yang akan kita buka.
Gambar 13. Jendela Open
4. Menutup Dokumen
Setelah berhasil membuka sebuah file maka kita harus bisa menutupnya secara benar, tetapi sebelum kita menutup file sebaiknya harus disimpan dulu.
Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
a. Klik File > Close
Gambar 14. File > Close
b. Dan klik pada icon close yang terletak di sebelah kanan atas lembar kerja.
c. Untuk keluar dari program aplikasi melalui File à Exit atau di klik tombol Exit pada kanan atas jendela program.
D. SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 2
Toeri
1. Membuat sebuah dokumen baru untuk dengan tombol kombinasi keyboard dalam aplikasi MS Word adalah : .....
2. Langkah-langkah menyimpan dokumen dalam aplikasi MS Word adalah : ....
3. Menyimpan dokumen dengan nama file tertentu pada aplikasi MS Word adalah ....
4. Tombol Perintah berupa gambar disket (Save) terletak dalam kategori toolbar ….
5. Untuk menutup dokumen yang aktif tetapi tidak keluar dari aplikasi pengolah kata menggunakan tombol shortcut pada keyboard yaitu ….
6. Untuk menggulung layar dokumen ke atas/ bawah digunakan …. atau .....
7. Instansi Pemerintah biasa menggunakan program pengolah kata untuk tujuan ….
8. Toolbar Drawing mempunyai tombol perintah untuk menggambar....
9. Toolbar Drawing mempunyai tombol perintah untuk menyisipkan ....
10. Sebutkan 5 menu perintah yang terdapat pada File menu pada Ms Word
11. Jelaskan 7 tombol command yang ada pada toolbar Standart!
12. Jelaskan 5 tombol command yang ada pada toolbar Formating!
13. Jelaskan 5 tombol command yang ada pada toolbar Drawing!
14. Jelaskan langkah membuat file baru sampai dengan menyimpannya!
15. Jelaskan langkah - langkah membuka, tambahkan satu kata pada dokumen tersebut, kemudian menutupnya file document dengan menyimpan perubahannya!
Tes Praktek
1. Lakukan pembuatan sebuah dokumen kemudian simpanlah dengan nama terserah pada folder my dokumen, kemudian tutuplah dokumen tersebut!
2. Bukalah kembali file yang telah disimpan tadi, kemudian lakukan beberapa perubahan, kemudian tutuplah kembali dengan menyimpan perubahan tersebut!
IV. KEGIATAN BELAJAR 3
A. Tujuan Pemelajaran
Siswa mampu melakukan editing sederhana, isian berulang menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
B. Melakukan Editing Dan Formatting Sederhana
Untuk membuat sebuah naskah yang bagus kita bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh MS Word, terutama fasilitas formatting yang sudah diletakkan dalam sebuah toolbar tersendiri.
Gambar 15. Toolbar Formatting
Pada toolbar tersebut sudah tersedia fasilitas-fasilitas untuk mengubah jenis huruf (font style), ukuran huruf (font size), format huruf, perataan (alignment), spasi baris, penandaan dan penomoran, jarak masuk paragraf, batas tepi, highlight, serta warna font.
Sedangkan untuk fasilitas lainnya bisa diakses melalui menu Format.
Gambar 16. Menu Format | Gambar 17. Jendela Columns |
Gambar 18. Jendela Drop Cap | Gambar 19. Jendela Tab |
Dari masing-masing bisa dijelaskan bahwa untuk membuat kolom koran atau naskah yang berkolom (bukan tabel) kita bisa memanfaatkan Format > Columns. Jumlah kolom bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.
Sedangkan Drop Cap dimaksudkan untuk menonjolkan sebuah karakter terpilih dalam sebuah paragraf, biasanya ini digunakan pada huruf depan sebuah paragraf.
Format > Tab bisa dimanfaatkan untuk memberi tanda tertentu yang aktif bila kita menekan tombol Tab. Biasanya dimanfaatkan untuk membuat titik-titik pada daftar isi.
C. Mengatur Layout Dokumen
Agar penampilan dokumen kita lebih bagus perlu kita lakukan juga pengaturan pada batas (margin), ukuran kertas juga orientasi yang kita butuhkan. Untuk mengaksesnya klik pada File > Page Setup hingga muncul jendela dialog seperti di bawah ini.
Gambar 20. Jendela Page Setup
Pada tab Margin terdapat form-form pengaturan batas kanan, kiri, atas dan bawah. Sedangkan Orientation digunakan untuk memilih tampilan memanjang atau melebar. Tab Paper digunakan untuk memilih ukuran kertas, yang akan tersedia secara lengkap apabila periferal printer sudah terinstal.
D. Mengatur Format Berulang (AutoCorrect)
Gambar 21. Menu Tools AutoCorrect dan jendela AutoCorrect
Bila dalam pengetikan sebuah naskah kita sering menjumpai istilah atau kata yang sama, untuk menghemat waktu pengetikan MS Word sudah menyediakan fasilitas yang disebut AutoCorrect. Maksudnya adalah dengan mengetikkan satu huruf saja, misalnya rt maka secara otomatis Word akan mengeksekusinya sebagai rukun tetangga. Tergantung pada penggunaan karakter yang kita inginkan untuk mengacu pada istilah-istilah yang ada.
Langkah:
1. Klik tools
2. AutoCorrect
3. Tulis beberapa huruf depan kata yang dimaksud direplace
4. Tulis kata/kalimat yang dimaksud pada kolom with
5. Klik Add
6. Dalam penulisan sebenarnya, jika hendak menulis kalimat yang berulang tersebut, cukup hanya dengan menulis huruf depannya dan tekan spasi.
E. Pembuatan Header, Footer, Page Numbering
Header adalah tulisan atau gambar yang terletak pada bagian atas halaman yang akan terus muncul sebanyak jumlah halaman yang kita buat. Contoh yang sering kita temui adalah kop surat. Sedangkan footer adalah header yang terletak di bagian bawah halaman.
Langkah membuat header
1. Klik View
2. Header and Footer
Gambar 22. Cara mengaktifkan fasilitas Header dan Footer
3. Isikan header pada dialog.
4. Untuk footer kita tinggal menggeser ke bagian bawah halaman.
F. Menggunakan Tabulasi
Tabulasi pada keyboard adalah suatu loncatan tempat kursor berpindah yang digunakan untuk membuat awal paragraf menjorok atau masuk ke dalam, dalam word procesor telah tersedia ukuran atau jarak tabulasi secara otomatis. Untuk membuat atau mengubah tabulasi dapat dilakukan degan mudah :
1. Tempatkan mouse pointer diatas ruler yang akan dibuat batas tabulasi yaitu pada ruler1.
2. Klik mouse.
3. Untuk menggeser/memindahkan letak tabulasi, klik mouse pada tanda tabulasi, kemudian tekan tombol mouse dan jangan dilepas sambil mengesernya ketempat yang Anda inginkan, lepas tombol mousenya maka sekarang tanda tabulasi akan bergeser.
Untuk menghilangkan tabulasi ada 2 cara:
Menggunakan mouse
1. Tempatkan mouse pointer pada tabulasi yang telah dibuat.
2. Tekan tombol mouse sambil menggesernya ke bawah sampai tanda tabulasi hilang.
3. Setelah hilang lepaskan tombol mouse secara cepat.
Menggunakan menu
1. Tempatkan mouse pointer pada tanda tabulasi.
2. Tampilkan menu format dan pilih tabs atau klik dua kali mouse pointer maka akan tampil kota dialog.
Gambar 23. Jendela dialog Tabs
G. Membuat Teks berkolom
Pengetikan paragraf dalam bentuk kolom-kolom yang sangat umum diterapkan pada pembuatan koran sehingga pada umumnya pengetikan model seperti ini disebut kolom koran.
Gambar 24. Jendela dialog Columns
Gambar 25. Tampilan hasil format dengan 3 kolom
H. SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 3
Tes Toeri
1. Tujuan melakukan editing dan formating adalah ......
2. Dalam editing membuat huruf bercetak tebal dapat dilakukan dengan menekan tombol/icon .....
3. Untuk mengatur naskah dalam bentuk columns dapat kita lakukan melalui menu ....
4. Bagaimana langkah mengedit dokumen yang masih ada kesalahan ketik?
5. Jelaskan langkah memberikan hider, footer dan halaman pada file document!
6. Jelaskan cara menulis huruf besar, huruf tebal, huruf miring dan bergaris bawah!
7. Jelaskan cara menulis H2SO4 dan x3 + y2!
8. Jelaskan cara merubah huruf kecil ke besar atau sebaliknya tanpa menghapusan.
9. Jelaskan apa yang dimaksut dengan Drop Cap, bagai mana membuatnya
10. Jelaskan cara membuat huruf indah atau seni!
11. Jelaskan cara memberikan penomoran otomatis!
12. Jelaskan langkah untuk melakukan insert simbol!
13. Jelaskan cara melakukan penulisan huruf Arab!
14. Jelaskan proses melakukan insert gambar!
15. Jelaskan cara menulis dalam text box
Tes Praktek
Buatlah sebuah naskah lebih dari dua halaman didalam naskah tersebut disertakan header atas nama masing-masing, dan footer berisi kelas masing-masing, dan diberikan nomor halaman, serta numbering auto.
V. KEGIATAN BELAJAR 4
A. TUJUAN PEMELAJARAN
Siswa mampu membuat/mengaplikasi tabel (menambah, menghapus baris dan kolom menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word
B. MEMBUAT TABEL
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk tabel atau kolom untuk mempermudah dan memperjelas dokumen untuk praktek tabel.
Proses pembuatan tabel
1. Ketik judul tabel dengan fond size 16, bold dan rata tengah.
2. Klik tabel pada menu bar.
3. Klik insert.
4. Tabel
5. Pada kotak number of coloums isikan jumlah kolom 3.
6. Pada kotak number of rows isikan 4.
7. Klik ok.
DAFTAR NAMA BARANG
BULAN SEPTEMBER 2004
NO | NAMA BARANG | JUMLAH BARANG |
1. | MONITOR | 2 UNIT |
2. | CPU | 2 UNIT |
3. | PRINTER | 1 UNIT |
Proses penghapusan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik table > delete > pilih column atau row
3. Enter,
Proses penambahan kolom dan baris pada posisi kursor
5. Klik kursor pada kolom/baris
6. Klik table > insert > pilih table
7. kemudian isikan berapa kolom dan baris yang akan ditambah.
8. Klik ok
Gambar 26. Tampilan menu membuat tabel
C. FORMULA DALAM TABEL
Langkah memasukkan rumus dalam tabel Ms Word adalah sebagai berikut :
1. Klik Table à Formula, muncul kotak dialog penulisan formula
2. Klik OK!, jika rumusnya sudah sesuai
3. Kalau rumus belum sesuai ketikkan rumus yang benar pada text box Formula, kemudian tekan enter atau klik OK!
4. Rumus - rumus pada MS Word sama denagan rumus - rumus pada MS Excell
5. Sedangkan Number format digunakan untuk memberikan format angka dalam tabel.
6. Untuk menuliskan rumus dapat juga dengan cara menekan tombol Ctrl + F9, kemudian akan keluar Togle Field Code yaitu tempat penulisan rumus.
7. Tuliskan rumus misalkan
8. Setelah selesai rumus ditulis, untuk eksekusi perhitungan lakukan klik kanan lalu klik Updit Field, maka hasilnya adalah angka pada cell A2 di tambah data pada cell B2.
D. SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 4
Tes Toeri
1. Langkah-langkah dalam pembuatan tabel melalui menu tabel adalah ....
2. Langkah-langkah pembuatan tabel melalui tombol perintah pada toolbar adalah ....
3. Langkah-langkah pembuatan tabel melalui tombol perintah pada toolbar adalah ....
4. Jelaskan fungsi dari tombol - tombol berikut :
.
5. Perhatikan gambar berikut!
Jelaskan proses penggunaan fasilitas seperti gambar di atas
6. Penentuan jumlah baris pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan melalui setting ....
7. Pengaturan/penentuan jumlah kolom pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan melalui setting :
Tes Praktek
Buatlah daftar tabel penjualan barang dengan format :
No. Nama Barang Harga Satuan Jumlah Keterangan
Dengan line style doble untuk bagian luar dari tabel
VI. KEGIATAN BELAJAR 5
A. TUJUAN PEMELAJARAN
Siswa mampu melakukan pencetakan file/dokumen dengan parameter standard dan mengetahui fitur-fitur pencetakan menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata MS Word.
B. MENCETAK DOKUMEN
Langkah – langkah melakukan pencetakan dapat diperhatikan gambar di samping.
1. Klik file
2. Print
3. Pilih page range
4. Tekan OK
Atau langkah 1 - 4 dapat dilakukan dengan tekan Ctrl + P.
Maka akan muncul dialog box Print seperti ganbar berikut:
Gambar 27. Cara mengaktifkan fasilitas Print dan jendela dialog Print
Penjelasan gambar :
Pada langkah ke 3 yaitu pilih page range : All (mencetak semua/seluruh dokumen/file), Current Page (mencetak dokumen/file pada posisi kursor), Page (mencetak dokumen/file sesuai keinginan kita misalnya : hal 1,2,5,dst).
C. SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 5
Toeri
1. Print preview yaitu ….
2. Langkah - langkah melakukan print Preview yaitu ….
3. Langkah - langkah pencetakan mealaui menu File yaitu ….
4. Pencetakan oritentation portait yaitu ….
5. Pencetakan orientation landscape yaitu ….
6. Perhatikan dua gembar berikut !
kiri kanan
Perbedaan dua gambar tersebut yaitu :
Gambar sebelah kiri adalah ….
Gambar sebelah kanan adalah ….
7. Perhatikan gambar berikut!
Print in color yaitu ….
Print in grayscale yaitu ….
8. Perhatikan gambar berikut!
Pengertian 1,4-6 yaitu ….
Praktek
Lakukan pengeprinan sebuah dokumen dengan ketentuan sebagai berikut : A4 tanpa skala, halanan 1, 4, 5 dan 6, Portrait, rangkap 2, hitam putih
EVALUASI KOMPETENSI | |
MATA PELAJARAN | : KKPI |
JENIS | : TEST TEORI |
LEVEL | : I (nilai maksimal 60) |
KOMPETENSI | : MENGOPERASIKAN SOFT WARE PENGOLAH KATA |
WAKTU | : 30 MENIT |
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda Ï (silang) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban
1. Program aplikasi yang digunakan khusus untuk melakukan pemrosesan kata, yaitu…
a. MS. Word
b. MS. Excel
c. MS. Acces
d. MS. Power Point
e. MS. Front Page
2. Pada saat membuka program aplikasi Ms Word, pada jendela Windows sudah tampak lembaran dokumen baru dengan nama …
a. Document 1
b. Recent 1
c. WinWord 1
d. My Document
e. Word 1
3. Ikon /digunakan untuk …
a. mengkopi atau menyalin dokumen atau kata
b. memindahkan hasil tik pada lembaran dokumen lain
c. membuka lembar dokumen baru
d. mengamankan atau save dokumen yang telah kita kerjakan
e. mentransfer dokumen lama ke dalam lembar dokumen baru
4. Ikon digunakan untuk …
a. menyalin dokumen, image atau kata
b. memindahkan hasil tik pada lembaran dokumen lain
c. membuka lembar dokumen baru
d. mengamankan atau save dokumen yang telah kita kerjakan
e. mentransfer dokumen lama ke dalam lembar dokumen baru
5. Ikon digunakan jika akan …
a. membuat dokumen dalam format margin yang tetap
b. membuat dokumen dengan membagi halaman menjadi 2 kolom atau lebih
c. membuat dokumen dengan orientasi horisontal
d. membuat dokumen dengan orientasi vertikal
e. meluruskan tampilan halaman kerja rata di kedua sisi
6. Ikon digunakan untuk pembuatan …
a. kolom koran
b. tabel
c. tulisan huruf kaapital
d. word art
e. tulisan cetak miring
7. Ikon digunakan jika akan membuat…
a. nomor halaman
b. paragraf
c. nomor urut
d. header footer
e. kolom koran
8. Ikon digunakan untuk mengatur naskah soal menjadi …
a. rata kanan kiri
b. rata kanan
c. rata kiri
d. rata tengah
e. kolom koran
9. Ikon digunakan untuk membuat tulisan menjadi …
a. bergaris bawah
b. cetak tebal
c. cetak miring
d. cetak atas (superscript)
e. cetak bawah (subscript)
10. Untuk membuat tabel secara cepat dengan menggunakan perintah ikon …
a.
b.
c.
d.
e.
11. Ikon digunakan untuk …
a. memutar tulisan dalam textbok
b. mengembalikan posisi kursor pada awal paragraf
c. akan membatalkan perintah kerja yang telah terlanjur dilakukan
d. untuk memutar gambat atau objek berlawanan jarum jam
e. akan mengembalikan lembaran kerja kita pada halaman sebelumnya
12. Untuk membuat tulisan artistic digunakan ikon bernama ….
a. line words
b. words art
c. bord
d. line spacing
e. under line
13. Ikon dalam Microsoft Word digunakan untuk ….
a. mengkopi dokumen atau kata
b. mencopot text, kata atau gambar dan dapat dipindahkan ke tempat lain
c. membuka lembar dokumen lama yang telah kita kerjakan
d. mengamankan dokumen yang telah kita kerjakan
e. mentranster dokumen lama ke dalam lembaran dokumen baru
14. Hasil penyimpanan dokumen dari Ms Word berekstensi ….
a. doc
b. Mp3
c. http
d. jpg
e. txt
15. Restore digunakan untuk …..
a. memperkecil jendela hingga membentuk ikon
b. membesarkan atau mengembalikan ukuran jendela
c. menutup atau mengakhiri progrm aplikasi
d. membuat halaman menjadi dua kolom
e. membuka lembar dokumen lama yang telah kita kerjakan
16. Pengaturan margin dilakukan dari ….
a. menu File b. menu Format
c. menu Edit d. menu Fiew
e. menu Tool
17. Yang terdapat pada menu Format yaitu ….
a. Page Setup
b. Cut, Delete, Copy
c. Page Number
d. Font, Picture, Paragraf
e. Table
18. Dibawah ini yang termasuk dalam menu insert adalah …..
a. break b. normal
c. save d. page setup e. print
19. Ikon digunakan untuk …..
a. mentransfer dokumen lama ke dalam lembaran dokumen baru
b. membuka lembar dokumen lama yang telah kita kerjakan
c. memindahkan hasil tik pada lembar dokumen lain ke lembar dokumen baru
d. membuat dokumen dalam format margin yang tetap
e. untuk melihat tampilan pencetakan.
20. Ikon digunakan untuk …..
a. mencetak dokumen
b. membuat lembar baru
c. memindah halalman baru ke halaman lama
d. menkopi naskah hasil ketikan
e. membuka dokumen baru